Launching kampung wisata kreatif "Kampung Film"



Setelah sebelumnya telah diresmikan menjadi kampung pemuda kreatif perfilman, kini arcamanik diresmikan kembali menjadi Kampung wisata kreatif "Kampung Film" merupakan kampung wisata ke 30 yang diresmikan oleh Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kota Bandung, menurut kepala dinas dewi kania sari "Kenny" pendirian kampung film sifatnya murni datang dari masyarakat dan di pilihnya Kecamatn Arcamanik sebagai kampung wisata perfilman adalah karna arcamanik di anggap paling berpotensi menjadi kampung wisata perfilman. selain itu juga output yang dihasilkan bersifat positif bagi masyarakat sekitar.

Acara launching kampung wisata kreatif "Kampung Film" di meriahkan oleh seni tradisional : sanggar Tari Nira, pencak silat Putra Wargi, dan seni modern Mat Bitel, Mat Setun, De' roxxx, Children Of Marley, Luky Real Anima, Agung dari indonesia idol, Raspati, Fri & Friend. dan mereka semua memberikan ucapan selamat kepada komunitas Kampung Film Black Team. tidak lupa juga acara tersebut dihadiri oleh, forum film bandung, marcom pikiran rakyat, dan komunitas kreatif yang ada di kota Bandung. acara ini berlangsung dari jam 9 pagi sampai jam 11 malam dan di akhiri dengan pemutaran film dari kampung film black team.

Peresmian Kampung Wisata Perfilman




sementara pendiri dan penggagas ide kampung wisata kreatif kampung film yang di labeli "Black Team", Gumilar Sayidul Akbar " Gugum'SA " mengungkapkan dasar dari pembentukan kampung film di arcamanik sudah di gagas sejak tahun 2012 karna banyak potensi seni yang tidak terdokumentasikan dan tidak ada film nya, seperti china terkenal dengan film kungfunya, india dengan tariannya, kenapa di kota Bandung tidak bisa?, padahal sudah ada potensinya dan semua itu bisa di jadikan film.

semula hanya 4 orang yang didirikan pada saat gugum'sa masih remaja dan duduk di bangku smp kelas 3, kini komunitas kampung film black team semakin berkembang dari segi kualitas dan sumberdayanya.



banyak karya yang sudah dibuat di antaranya : aku ingin menjadi penari jaipong, wayang, bendera terkahir, hacker, dan masih banyak karya yang sudah dibuat dan dapat dilihat di channel youtube "Kampung Film Black Team" .

dan aksinya #G1000S gerakan seribu sineas berhasilkan mengguncangkan dunia dengan melibatkan 1000 relawan untuk membuat film dalam waktu tercepat di dunia yaitu 9 jam, dan di tahun yang sama berhasil mengumpulkan 1000 film pendek bertema citarum harum dan mendapatkan original rekor indonesia, dan mencatatkan rekor dunia kembali.

menurut camat arcamanik "kegiatan seperti ini yang harus kita dukung karna mengandung nilai positif" dan akan menjadikan Black Team dan gugum'sa sebagai icon arcamanik. komunitas kampung film black team selalu melibatkan dan mengajak masyarakat, seniman, komunitas, bahkan berbagai kalangan lain yang ada di kota Bandung dalam proses berkarya.